Innova Memimpin 70 Persen Segmen MPV Medium

Unknown | Tuesday, August 20, 2013 | 0 comments

“Kijang yang telah menjadi Kijang Innova sejak 2004 di Indonesia merupakan salah satu produk yang diekspor ke luar. Tahun lalu ada 41.580 Innova diekspor ke 27 negara dan menjadi rekor terbesar dari produk andalan Toyota ini,” ujar Direktur Utama Toyota Indonesia Johnny Darmawan di dalam peluncuran New Kijang Innova pada Senin (29/8) 2013 di Restoran Harum Manis, Jakarta.

Ia menuturkan bahwa sejak diluncurkan pertama kali pada 1977 dengan nama Buaya hingga Juli 2013, MPV medium untuk keluarga ini sudah terjual sekitar 1,5 juta unit. Dalam kurun waktu itu pula Kijang beregenerasi selama 5 kali hingga terakhir menjadi Kijang Innova pada 2004. Penjualan terbanyak dari lima generasi itu jatuh pada Kijang Super yang pertama rilis pada 1986 yang dinikmati oleh sekitar 525 ribu orang di Indonesia.

Sementara generasi terakhir Innova sejak diluncurkan 9 tahun lalu sudah terjual 492.369 unit hingga Juli 2013. Dengan jumlah itu, Innova menjadi pemimpin pasar di segmen MPV medium dengan 70 persen market share. “Kalau berbicara penjualan per bulan, Innova ini terjual 5 ribu sampai 6 ribu unit per bulannya. Nah, dengan kehadiran Kijang terbaru lewat New Kijang Innova ini diharapkan penjualannya tetap stabil, bahkan 7 ribu per bulan,” lanjut Johnny.

Sebagai senjata utama Toyota di Indonesia, Innova termasuk produk yang sudah dirakit di dalam negeri. Tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga luar negeri alias ekspor. Dari total produksi Toyota di Indonesia pada semester pertama 2013, sebanyak 40 ribu unit adalah untuk pasar domestik, sementara untuk ekspor sekitar 11 ribu.

sumber: the-marketeers.com

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Category: ,

0 comments